Common

Tips Menggunakan Kartu Kredit dengan Aman

Click Here for English Version of This Article

Kartu kredit merupakan salah satu revolusi di bidang jasa keuangan yang baru pertama kali dikenal pada tahun 1920-an. Kartu kredit merupakan salah satu sarana bagi bank untuk mendapatkan pemasukan selain bunga pinjaman konvensional dan bagi pemegangnya mendapatkan kemudahan menggunakan limit yang tersedia untuk berbagai macam keperluan.

Di masa sekarang, kartu kredit mempunyai banyak fungsi selain sebagai alat pembayaran. Nmaun, banyak yang salah mengartikan bahwa kartu kredit sebagai kartu sakti yang memiliki uang tak terbatas. Padahal, sejatinya kartu kredit adalah bentuk hutang yang harus dibayar oleh pemegangnya. Jika tidak, maka akan timbul masalah di kemudian hari.

Baca juga : Bagaimana Cara Investasi Saham ?

Kartu kredit (sumber : google.com)

Manfaat Kartu Kredit Apa Saja?

Seperti yang sudah disebut di atas, penggunaan kartu kredit ini berfungsi untuk membantu kita saat perlu melunasi sesuatu dalam keadaan darurat dan ketika tidak memiliki uang tunai. Biasanya ini sering terjadi dalam beberapa kasus, misalnya pada saat  membayar biaya rumah sakit, biaya persalinan dan lain sebagainya.

Biasanya kartu kredit akan memberikan tenggang waktu hingga satu bulan untuk melunasinya. Kartu kredit juga bermanfaat saat melakukan belanja online.

Kebanyakan merchant yang menjual produknya di marketplace populer baik Indonesia maupun luar negeri sebagian besarnya merekomendasikan untuk melakukan pembayaran dengan kartu kredit. Hal ini karena beberapa manfaat, diantaranya lebih aman dan uang yang diterima cepat diterima oleh pedagang dibanding harus menunggu dari penyedia marketplace. Dampaknya, tentu saja kebanggaan tersendiri bagi Anda bisa memiliki produk atau barang yang Anda inginkan.

Manfaat lainya adalah pihak bank pembuat kartu kredit sering mengadakan promo kartu kredit di hampir tiap bulannya. Ada berbagai diskon di setiap merchant tertentu, atau yang paling populer adalah promo liburan dengan banyak fasilitas, mulai dari diskon harga tiket pesawat, hingga diskon hotel. Promo yang ditawarkan begitu menarik, namun usahakan Anda tidak terlalu tergoda dengan promo tersebut, jika memang tidak diperlukan.

Baca juga : Emas : Investasi, Mata Uang atau Trading?

Kerugian Kartu Kredit?

Hal pertama yang perlu diingat adalah kartu kredit adalah kartu utang, bukan kartu yang menyediakan dana tak terbatas. Banyak orang tidak menyadari hal ini karena terlalu asyik menggunakan kartu kredit sehingga lupa diri dan menghabiskan semua limit yang tersedia. Padahal, semau itu harus dibayar nantinya.

Bunga yang diterapkan terlihat cukup kecil, namun jika dilihat per tahun, bunga tersebut lumayan besar. Bank Indonesia menetapkan bahwa maksimal bunga kartu kredit sebesar 2,25% per bulan, yang artinya 28% setahun! Jangan lupa juga konsep bunga berbunga, dimana tagihan yang belum lunas akan terkena bunga di tagihan berikutnya berikut bunga dari tagihan yang sebelumnya.

Yang juga menjadi perhatian adalah keamanan transaksi. Perhatikan selalu mesin EDC yang digunakan untuk melakukan transaksi apakah disisipkan scammer atau tidak. Kartu kredit zaman sekarang kebanyakan menggunakan chip, sehingga risiko double swipe alias terdebet dua kali menjadi kecil, kecuali pada saat jaringan kurang bagus. Untuk mencegah hal ini, sebaiknya tunggu konfirmasi gagal atau berhasil kita terima sebelum melanjutkan transaksi berikutnya.

Keamanan transaksi di internet juga patut diwaspadai. Banyaknya malware yang bisa membaca data transaksi kita membuat kita rentan diserang dan menggunakan data kartu kredit kita untuk disalahgunakan. Selalu hati-hati pada saat berbelanja atau bertransaksi secara online dan pastikan situ tersebut setidaknya beralamat https.

Berikut adalah beberapa tips menggunakan kartu kredit :

  1. Selalu bayar tagihan kartu kredit tepat waktu. Hal ini untuk menghindari kemungkinan munculnya bunga dan bahkan yang lebih buruk lagi, bunga berbunga.
  2. Bayar tagihan secara penuh. Atau paling tidak, di atas jumlah minimal pembayaran yang senilai 10% dari total tagihan. Banyak kasus dimana nasabah terlilit utang kartu kredit karena hanya membayar minimal tagihan.
  3. Gunakan hanya dalam keadaan darurat. Kartu kredit sebaiknya digunakan sebagai pilihan terakhir dari pilihan yang ada. Bunga kartu kredit yang cukup tinggi, sekitar 2,25% per bulan bisa menjadi hal yang menakutkan jika terus dibiarkan.
  4. Pelajari penggunaan kartu kredit. Setiap bulan, kita mendapatkan lembar tagihan yang dikirimkan kepada kita baik berupa surat ataupun email. Dengan melihat tagihan tersebut, kita bisa mengetahui apakah ada tagihan yang berulang, atau ada belanja yang sebenarnya tidak diperlukan.
  5. Berhati-hati saat melakukan transaksi secara online. Malware dan hacker selalu berusaha mencuri data pribadi kita di internet. Hapus cache setelah melakukan transaksi dengan kartu kredit dan juga ganti password jika diperlukan.
  6. Berhati-hati juag saat melakukan transaksi menggunakan EDC atau ATM. Pastikan tidak ada alat scammer yang bisa membaca data (jika masih menggesek kartu kredit untuk transaksi) dan pastikan jaringan internet bagus. Kejadian transaksi ganda terjadi jika jaringan internet kurang bagus, sehingga sebaiknya kita tunggu apakah transaksi berhasil atau gagal dari notifikasi yang dikirimkan ke ponsel atau email kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *