Common

Libra, Hegemoni Baru?

Click Here for English Version of This Article

Facebook mengumumkan bahwa mereka memperkenalkan mata uang virtual baru kepunyaan mereka sendiri yang bernama Libra. Proyek yang dikerjakan keroyokan ini diperkirakan akan mulai dilepas ke pasar pada 2020. Namun, sebelum wujud dari Libra sendiri terlihat, pro dan kontra sudah mulai bermunculan, termasuk pandangan sinis dari banyak orang. Benarkah Libra akan menjaid hegemoni baru?

Dengan pengguna Facebook di seluruh dunia yang mencapai lebih dari 1 miliar, maka keberadaan Libra menjadi kue yang gurih untuk dilewatkan. Tercatat, beberapa perusahaan besar di bidang keuangan juga berpartisipasi dalam proyek ini, termasuk diantaranya Mastercard, Paypal dan Visa (Walaupun pada akhirnya mereka menyatakan keluar dari grup Libra).

Baca juga : Teknik Trading Sederhana Tapi Profit dengan Alligator

Sambutan pun beragam. Yang negatif tentu saja berasal dari perbankan dan institusi keuangan yang ada. Bank Indonesia sendiri sudah menegaskan bahwa alat pembayaran yang sah di Indonesia hanya rupiah, saat ditanya mengenai Libra ini. Ada juga yang menyatakan ini bisa dimanfaatkan kriminal untuk melakukan pencucian uang seperti mata uang kripto lain. Yang positif, menyatakan bahwa ini akan menjadi salah satu terobosan transfer antar pengguna di seluruh dunia dan akan mengurangi kesenjangan.

Teknologi yang dipakai seperti lazimnya mata uang kripto lain, adalah dengan menggunakan blokchain. Facebook meng-klaim bahwa teknologi blokchain yang mereka miliki aman. Libra sendiri diawasi oleh badan yang berasal dari perwakilan saham yang ada di dalam Libra. Namun begitu, dewan ini tidak bisa mengintervensi jumlah atau pergerakan transaksi Libra.

Yang unik, Libra tidak memiliki jumlah pasti setiap unitnya seperti mata uang kripto umumnya. Nilainya ditentukan dengan dolar Amerika Serikat dimana 1 Libra setara dengan USD 1. Hal ini terlihat membingungkan karena ada risiko moral hazard berupa penggelembungan jumlah Libra walaupun dikatakan di atas tidak bisa diintervensi. Prinsipnya, mata uang kripto adalah tetap jumlahnya ditentukan oleh pembuatnya, sejalan dengan semangat tak diintervensi oleh bank sentral.

Kasus pembobolan Bitcoin juga menjadi perhatian akan keamanan penyimpanan mata uang digital ini. Libra disimpan dalam akun khusus yang disebut Calibra, seperti dompet virtual yang kita kenal. Keamanan dan kehandalan penyimpanan ini yang menjadi perhatian banyak ahli, karena walaupun teknologi yang dipakai dalam hal pengadaan Libra sudah aman, penyimpanannya maish diragukan.

Kembali kepada hegemoni, seperti yang kita ketahui bahwa Facebook memiliki anak usaha Instagram dan WhatsApp yang juga banyak dipakai orang. Facebook sepertinya hendak melawan Alibaba, dimana aplikasi Wechat juga bisa melakukan kegiatan transfer uang, walaupun masih dalam lingkup terbatas di China. Facebook sepertinya memanfaatkan peluang ini dengan menggarap pasar luar China dengan peluncuran Libra ini.

Baca juga : Politik dan Ekonomi Dalam Forex

Apakah ini akan menjadi bagian dari perang dagang China – USA dikemudian hari? Mungkin saja, apalagi saat ini sistem pembayaran antar platform belum meluas. China sendiri juga belum banyak mendorang Wechat untuk ekspansi keluar, terutama dalam hal pembayaran mereka. Alipay yang juga berasal dari China belum leluasa bergerak di dunia, bahkan cendeurng terhalang regulasi dan aturan di negara lain.

Halangan buat Facebook tentu tidak mudah. Karena nilainya berdasarkan USD, maka tidak ada nilai tetap buat Libra dalam mata uang lainnya. Ditambah lagi dengan sistem perbankan yang terlihat enggan berurusan dengan mata uang kripto, ekosistem Libra akan terbatas di pengguna Facebook dkk. Kecurigaan akan hegemoni juga kuat, terutama di negara-negara dengan pengguna Facebook yang banyak. Bisa saja suatu saat mereka tidak pelru lagi transaksi melalui bank untuk urusan pribadi seperti pengiriman uang keluarga atau pembayaran tagihan.

Kesemuanya itu membuat Libra seperti hybrid antara mata uang kripto dan dompet digital. Perjalanan buat Libra masih panjang dan waktu yang akan membuktikan, apakah Libra akan menjadi hegemoni atau tidak.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *